Kuliner Nusantara – Gulai

Gulai merupakan salah satu kulineryang tersebar luas di Indonesia. Beberapa jenis gulai yang terkenal yaitu gulaiayam, gulai kambing dan gulai sapi.

Gulai adalah masakan yang berbahandaging atau sayuran dengan bumbu yang kaya akan rempah – rempah.

Pada awalnya gulai merupakan masakanyang berasal dari sumatera, namun seiring perkembangan gulai mulaitersebar luas ke seluruh penjuru nusantara. Menurut beberapa sumber referensi,gulai merupakan hasil perpaduan masakan india yang kaya akan rempah-rempah danbumbu kari. Ya, bisa di katakan gulai merupakan Karinya Indonesia.
Pada pembuatannya, gulaiterbuat dari bumbu berbahan rempah rempah seperti kunyit, ketumbar, lada,lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai,kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan.Untuk bahan baku yang di buat biasanya berbeda beda, namun yang biasanya digunakan adalah daging ayam, kambing, sapi, aneka ikan,dan jeroan. Atau bisajuga menggunakan sayuran seperti nangka muda dan daun singkong. Semua itudimasak dalam kuah yang berbumbu aneka rempah tadi. Gulai mempunyai ciri khaspada bumbu dan kuahnya yang berwarna kuning dari hasil dari kunyit yangmemberikan cita rasa yang gurih dan lezat.
Di Indonesia sendiri setiapdaerah mempunyai ciri gulai yang berbeda – beda. Di beberapa daerah di sumateraseperti minangkabau dan aceh, kuah gulai disana memiliki tekstur yang kental .Berbeda seperti di jawa, kuah gulai di jawa kebanyakan memiliki tekstur yanglembut atau cair. Perbedaan lain juga terdapat pada bahan yang di buat. Padagulai ayam biasanya mempunyai tekstur kuah dan dengan cita rasa yang lembut dangurih. Berbeda dengan gulai daging sapi dan kambing yang mempunyai aroma dantekstur daging yang sedikit kasar, sehingga membutuhkan bumbu yang mempunyaicita rasa yang kuat agar dapat menyeimbangkan dengan aroma dantekstur dagingnya.
Tentunya setiap bahan baku yang di buat mempunyai caramemasak dan resep yang berbeda.
Selain gulai ayam, gulai kambing dangulai sapi, masih banyak variasi gulai yang sudah di kembangkan dan patut untukdi coba. Diantaranya seperti gulai ikan, gulai jeroan, dan berbagai gulai yangterbuat dari sayuran seperti daun singkong dan nangka muda. Selain bahan yangdi buat berbeda, namun juga mempunyai cita rasa yang berbeda. Gulai biasanya disajikan dengan nasi hangat dan berbagai menu tambahan seperti kerupuk, sambaldan acar sesuai selera kita.
Bagi anda yang belum pernahmencobanya maka tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai variasi gulai tadi.Selain untuk menambah pengalaman kuliner anda, bisa juga untuk menambah wawasantentang ragam kuliner nusantara.
Sekian pembahasan tentang “Kuliner Nusantara – Gulai” . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang ragamkuliner Indonesia.