Kuliner Nusantara – Rawon

Rawon adalah salah satu kulinerwarisan nusantra yang cukup popular. Rawon merupakan salah satu makanan khasdari jawa timur seperti Surabaya dan daerah sekitarnya.

Namun rawon juga popular di daerahjawa tengah bagian timur seperti Surakarta. Tidak hanya sampai di situ rawonjuga menyebar luas di beberapa tempat lain di Indonesia, karena banyaknyaperantau yang menjual rawon dan sebagai pengobat rindu akan kampung halamanmereka.

Rawon adalah makanan khas sepertisop daging, hanya saja yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna hitam. Kuahyang berwarna hitam tersebut terbuat dari bumbu khusus yang di sebut bumbukeluak atau kluwek. Dari keluak tersebut membuat aroma dan rasa dari rawon yangmembuat khas. Rawon biasa disajikan bersama nasi, dilengkapi tauge kecil,telur asin, daun bawang, jeruk nipis, kerupuk , daging sapi goreng (empal) dansambal.
Dalam pembuatannya rawon biasanya menggunakan daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu yang digunakan adalah campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar,serai, kunir, lombok, keluak/kluwek, garam, serta minyak nabati. Kecuali seraidan lengkuas, bahan ini lalu dihaluskan dan ditumis. Campuran bumbu inikemudian dimasukkan dalam kaldu daging sampai matang dan dagingnya empuk.
Untuk rasa dari rawon tersebut bisadi bilang unik, yaitu perpaduan manis, gurih dan legit. Karena kuahnya yangterbuat dari keluak memberikan aroma dan rasa yang kuat dan khas. Untukkesehatan, masakan satu ini tergolong sehat, karena hidangannya bukan hanyadaging yang kaya akan kolesterol karena kita bisa memadukan dengan tauge.Bagi anda yang punya penyakit darah tinggi mungkin harus berhati hati, namunjangan terlalu khawatir. Selain menggunakan tauge, kita bisa mencampurkan acaruntuk penurun kolesterol.
Nah bagi anda pecinta kuliner makawajib mencoba makanan khas satu ini. nah cukup sekian dulu pembahasan tentang “Kuliner Nusantara – Rawon”. Semoga tulisan di atas bermanfaatdan menambah pengetahuan anda tentang kuliner nusantara.