Pisang Gapit Kuliner Khas Kalimantan Timur

Satu lagi kuliner yang unik dari Kalimantan timur yaitu PisangGapit.

Apakah Pisang Gapit itu? Yuk kita cari tahu di sini!

Pisang Gapit adalah salah satu kuliner khas Kalimantantimur yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Sama sepertinamanya, Pisang Gapit di buat dengan cara di jepit dan di panggang. Makanansatu ini sangat terkenal di berbagai daerah di Kalimantan timur sepertiSamarinda, Balikpapan dan daerah lainnya.
Dalam proses pembuatannya, pisang yang digunakan merupakan pisang setengah matangyang sering di gunakan untuk membuat pisang goreng seperti pisang kapok, pisang tanduk dan pisangsanggar. Dalam proses pengolahannya, pisang di kupas kulitnya lalu dipanggang dengan cara di jepit. Setelah matang pisang di jepit sampai pipihkemudian di campur dengan saus khusus yang terbuat dari gula merah dan bahanlainya.
Gambar : Pisang gapit mesis
Saus yang di gunakan untuk menyajikan Pisang Gapit Ini adalahsaus yang terbuat dari gula merah, santan,daun pandan, garam dan tepungmaizena. Pada proses pembuatannya, gulamerah di rebus dengan air sampai mendidih kemudian di saring airnya.Setelah itu di rebus kembali dengan santandan daun pandan. Tidak lupa tambahkanlarutan tepung maizena dan garam, lalu di aduk sampai rata.
Dalam proses penyajiannya, pisang yangsudah di panggang tadi di siram dengan saus. Selain itu dalam penyajiannya, adabeberapa variasi atau kreasi untuk menambah cita rasa dari Pisang Gapittersebut. Contohnya seperti di taburkan dengan keju atau mesis coklat.Tentunya kreasi tersebut di sesuaikan dengan selera kita sendiri.
Gambar : Pisang gapit keju
Dalam perkembangannya, Pisang Gapitmenjadi jajanan yang sangat populer di Kalimantan timur. Selain kita bisamenemukannya di warung pinggir jalan, Pisang Gapit juga menjadi salah satuhidangan di beberapa hotel ternama di Kalimantan timur. Jajanan satu ini bisadi nikmati oleh berbagai kalangan, selain itu kita bisa membuatnya sendiri karenaprosesnya yang sederhana.
Nah sekian pengenalan tentang Pisang Gapit dari Kalimantan timur. Semoga bermanfaat dan menambah referensi anda tentang kuliner khas Indonesia.
CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!