Tari Hudoq Kalimantan Timur

Indonesia memiliki berbagai tradisi yang unik dalam setiapperayaannya. Salah satunya adalah Tari Hudoq dari Kalimantan timur.

Apakah Tari Hudoq itu? Yuk kita cari tahu di sini.

Tari Hudoq adalah tarian tradisional Kalimantan timur yangmenggunakan topeng sebagai perwujudan dari binatang, leluhur dan dewa. Tarian ini biasanya di tampilkan pada saatpembukaan lahan pertanian atau setelah menanam padi di ladang. Menurut kepercayaanmasyarakat khususnya masyarakat Dayak, tarian ini merupakan ritualpermohonan kepada Tuhan agar hasil pertanian mereka di berikan hasil yangmelimpah ruah.
Nama Tari Hudoq di ambil dari kata hudoqyang berarti menjelma. Maka dalam tarian ini penari menggunakan topeng sebagaiperwujudan dari hewan atau hama yang di anggap merusak tanaman seperti, tikus,gagak, monyet, babi dan lain lainya. Selain itu ada ada juga topeng yangmelambangkan burung elang yang di anggap sebagai pelindung serta memeliharahasil panen masyarakat Dayak dan ada juga topeng manusia yang di lambangkan sebagaipara leluhur atau nenek moyang mereka.
Gambar: bentuk topeng tari hudoq
Dalam pertunjukannya penari tidak hanya menggunakan topengsaja. Penari juga menggunakan baju yang terbuat dari kulit pohon yang di hiasirumbai berwarna hijau yang terbuat dari daun pisang atau atau daun kelapa. Bajuini menyimbolkan dedaunan yang di harapkan terus menghijau agar tanaman yangmereka tanam tumbuh subur seperti yang di harapkan. Topeng yang mereka gunakanadalah topeng yang terbuat dari kayu dengan ukiran dan bentuk yang berbeda – bedasesuai dengan perwujudan yang ingin di tampilkan. Tidak ketinggalan, penutupkepala yang di hiasi dengan bulu burung enggang yang telah menjadi ciri khas danmemiliki arti khusus bagi masyarakat suku Dayak.
Gerakan yang di tampilkan dalam tarian ini adalah perpaduangerakan tangan dan kaki. Dengan badan tegak penari menggerakkan badan ke kanandan ke kiri di setiap langkahnya. Tangan di ayunkan ke atas dan kebawah sambilmenepuk paha. Gerakan kaki berjalan dengan di angkat dan menghentak ke tanah sehinggamenimbulkan suara hentakan. Gerakan pada kepala hanya mengangguk, bila bagianmulut pada topeng tersebut dapat di gerakan maka topeng tersebut terlihatseperti berbicara.
Gambar : Gerakan tari hudoq
Dalam tarian ini penari bergerak dalam lingkaran barisan. Penaribergerak dari satu sudut kesudut lain sampai ke empat sudut tersentuh. Kemudianpenari duduk bersila dengan berbaris memanjang sambil memanggil roh. Pada saatpemanggilan roh, roh tersebut mulai merasuki mereka seperti kesurupan. kemudianpara penari kembali menari seperti semula dan setelah itu duduk kembali. Setelahitu, roh yang merasuki mereka tadi akan keluar dari tubuh mereka danmeninggalkannya.
Dalam pertunjukan tari hodoq memang terlihat bernuansamistis. Dalam pelaksanaan ritual tersebut pawang atau pemimpin upacara memulaidengan pembancaan mantra dengan sesaji yang sudah di persiapkan. Saat parapenari duduk berbaris pawang pun menaburkan beras kuning di kepala para penaritersebut sebagai tanda di mulainya acara setelah itu para penari pun menariseperti gerakan tadi dengan iringan musik tradisional suku Dayak. Saat rohmerasuki tubuh penari, pawang menyampaikan pesan kepada roh tersebut denganmengucapkan mantra. Maksud dari mantra tersebut adalah untuk meminta agar roh tersebut menjaga tanaman mereka danmelindungi penduduk desa. Setelah pesan tersampaikan, pawang meminta rohtersebut kembali ke asal mereka. dalam pertunjukan ini bisa berlangsung selamasatu jam bahkan sehari.
Gambar : tari hudoq
Tarian hudoq merupakan salah satu tradisi suku Dayakyang terlihat kental akan nuansa mistis. Namun pertunjukan Tari Hudoqini bisa jadi sarana hiburan bagi masyarakat di saat perayaan menanam padi atauacara adat mereka. Seiring perkembangan, tarian ini tidak hanya di tampilkandalam upacara adat saja. Namun juga di tampilkan dalam berbagai perayaan budayamasyarakat Kalimantan timur, sebagai hiburan dengan berbagai modifikasidan kreativitas dalam pertunjukannya.
Nah cukup sekian pengenalan tentang kesenian tradisional Tari Hudoq dari Kalimantan timur. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan andatentang kesenian daerah di Indonesia.
CINTAI DAN LESTARIKAN KEBUDAYAAN TRADISIONAL DI INDONESIA!