Soto Bandung Kuliner Tradisional Bandung Jawa Barat

Bagi anda yang berkunjung ke Bandung atau Jawa Barat,kuliner tradisional satu ini tidak boleh terlewatkan. Namanya adalah Soto Bandung.

Apakah Soto Bandung itu?

Soto Bandung adalah masakan soto khas Bandung, Jawa Barat.seperti namanya, masakan soto satu ini sangat populer di daerah Bandungdan sekitarnya. Soto Bandung ini hampir sama dengan soto di Indonesia lainnya,yang membedakan adalah bahan pelengkap yang di gunakan.
Bahan dasar pada Soto Bandung ini adalah daging sapi tetelan. Untuk bumbu yang digunakan berupa serai, jahe, lengkuas,garam, gula, serta bumbu yang di haluskan seperti bawang merah, bawang putih, dan merica.Pada proses pembuatannya, pertama daging di rebus dengan air sampai matang. Kemudiandi ambil dagingnya dan di potong dadu. Kaldu daging yang sudah di saringtersebut di rebus lagi hingga mendidih. Untuk memasak kuahnya, pertama bumbuhalus, sangrai, jahe dan lengkuas di tumis sampai harum. Kemudian di campur kedalam air kaldu bersama dengan daging sampai empuk. Untuk menambah rasa bisa ditambahkan garam, gula dan penambah rasa sapi secukupnya.
Untuk penyajiannya, Soto Bandung biasanya di sajikan kedalam mangkok dan di tambahkan bahan pelengkap seperti lobak (sudah di rebus dan di iris tipis), batang seledri, daun bawang, kacang kedelai goreng, dan bawang goreng. Selain itu untuk menambahcita rasa dari Soto Bandung ini sebelum di santap bisa di tambahkan jeruk nipis, sambal dan kecap manis.
Soto Bandung ini memiliki cita rasa yang gurih dan segar,cocok untuk di santap pada saat siang hari. keunikan yang terdapat pada Soto Bandungini adalah pada bahan pelengkapnya, yaitu lobak dan taburan kedelai yang sudahdi goreng. Selain rasa kuahnya yang segar dan dagingnya yang empuk, ada kedelaigoreng yang memberikan sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Kuah Soto Bandungini berwarna bening, karena tidak menggunakan santan. Karena itulah kaldudaging sangat terasa dan memberikan cita rasa yang gurih dan aromanya yangmenggugah selera.
Gambar : Soto Bandung
Soto Bandung ini sangat mudah kita temukan di kota Bandung, JawaBarat. banyak warung makan masakan Bandung yang menyediakan menu satu ini.selain itu beberapa ada juga yang menjualnya di restoran, hotel dan mall. Hargadari Soto Bandung ini relatif murah meriah tentunya setiap penjual memilikirasa dan harga yang berbeda pula. Bagi anda yang berkunjung ke kota Bandung,masakan khas satu ini tidak boleh terlewatkan. Apa lagi bagi anda pencintakuliner nusantara yang belum pernah mencoba, Soto Bandung wajib untuk di coba.
Nah cukup sekian pengenalan tentang “Soto Bandung Kuliner Tradisional Bandung, Jawa Barat”. semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuananda tentang kuliner tradisional di Indonesia.
CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!