Tahu Petis Jajanan Khas Dari Semarang, Jawa Tengah

Jajanan satu ini merupakan jenis penyajian Tahu yang khasdari Semarang, Jawa tengah. Namanya adalah Tahu Petis.

Apakah Tahu Petis itu?

Tahu Petis adalah salah satu makanan tradisional di Indonesia yaituTahu goreng yang di sajikan bersama Saus petis. Makanan satu ini merupakansalah satu jajanan khas yang terkenal di Semarang, Jawa tengah. Tahu yang digunakan hampir sama dengan Tahu goreng pada umumnya, namun yang membedakandalam Tahu Petis ini adalah Saus petisnya yang memiliki rasa yang khas.
Dalam proses pembuatannya, Tahu di bumbui dengan garam dan bawang putih, kemudian di goreng hingga matang. Tahu yang di gorengini hampir sama seperti Tahu Pongnamun rasa dari Tahu tersebut biasanya tidak terlalu asin. Sedangkan Saus petis terbuat dari bahan dasarudang yang di racik dengan bumbu special sehingga memiliki rasa dan aroma yangkhas.Untuk penyajiannya, Tahu yang sudah di goreng biasanya di belah tengah dandi oleskan/ disisipkan Saus petis di tengah Tahugoreng tesebut.
Selain memiliki aroma yang khas, Saus petis ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Selain iturasa udang yang bercampur dengan bumbunya memberikan cita rasa yang khas pulapada Saus petis ini. Sehingga bila dipadukan dengan Tahu goreng yang renyah inimemberikan sensasi yang nikmat di lidah kita saat menikmatinya. Bagi anda yangsuka rasa pedas, anda bisamenikmatinya dengan cabe rawit.
Gambar : Tahu petis
Tahu Petis ini masih belum diketahui asal – usulnya. Namun dalamperkembangannya Tahu Petis ini telah menjadi salah satu jajanan yang sangat diminatioleh masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Bagi anda pecintakuliner tradisional di Indonesia, jajanan satu ini bisa dijadikan pilihan untukdinikmati saat anda berkunjung ke Semarang, Jawa tengah. Selain untukdinikmati di sana, anda bisa juga menjadikan sebagai oleh – oleh.
Nah, cukup sekian pengenalan tentang “Tahu Petis Jajanan Khas dari Semarang,Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.
CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!