Bakpia Oleh – Oleh Khas dari Yogyakarta

Makanan tradisional satu ini merupakan salah satu oleh –oleh khas dari Yogyakarta. namanya adalah Bakpia.
Apakah Bakpia itu?

Bakpia adalah makanan tradisional dari Yogyakarta sejenis kueyang berisi campuran kacang hijau.Bentuknya yang kecil dan rasanya yang manis dan gurih memberikan cita rasa yangkhas pada makanan satu ini. makanan ini sangat terkenal dan di gemari olehmasyarakat Yogyakarta ataupun wisatawan yang datang kesana. Selain itu Bakpiaini juga menjadi salah satu oleh – oleh khas dari Yogyakarta.
Menurut beberapa sumber, Bakpia ini awalnya berasal dari China. Di sana, Bakpia ini disebutdengan “tou luk pia” yang dalamdialek hokkian berarti “kue isi daging”. Namun Bakpia di Yogyakartatelah diadaptasi dan disesuaikan dengan masyarakat Yogyakarta, sehingga Bakpiayang di awalnya merupakan kue isi danging di ganti dengan isi kacang hijau.Rasanya pun mengalami perbedaan dan memiliki cita rasa yang khas.
Bakpia ini mulai diperkenalkan di Yogyakarta pada sekitar tahun1948an. Makanan ini pertama kali diperkenalkan oleh keluarga keturunan China yangmencoba membuat Bakpia sebagai industri rumahan mereka di daerah kampung pathok, Yogyakarta. Pada awalnyaBakpia ini hanya dijajakan dari rumah ke rumah secara eceran dan hanya dikemasdalam besek (wadah makanan yangterbuat dari anyaman bambu). Seiring dengan perkembangannya, mulai banyakdiminati oleh masyarakat dan orang yang berkunjung ke Yogyakarta. sehinggabanyak pula yang memproduksi dan dijadikan oleh – oleh khas dari Yogyakarta.
Bakpia ini hampir sama dengan Roti bakpao, namun yang membedakan adalah bentuknya yang kecil danteksturnya yang kering namun empuk. Bakpia ini terbuat dari bahan campuran kacang hijau dan gula yang di bungkus dengan adonan tepung lalu dipanggang. Dalam proses pembuatan Bakpia inimembutuhkan keahlian khusus karena bila tidak dilakukan dengan benar, makabentuk dan rasanya tidak akan sempurna.
Gambar : Bakpia
Di Yogyakarta Bakpia ini mulai banyak perkembangan. Selainbanyaknya orang yang memproduksi makanan ini, juga mulai banyak varian rasayang dikembangkan seperti rasa keju, rasa coklat dan rasa lainya. Setiap tempatpenjual Bakpia tentunya memiliki ciri khas tersendiri dalam segi rasa, bentukatau kemasannya. Bakpia ini sangat mudah kita temukan toko oleh – oleh atau tokokue yang ada di Yogyakarta. Bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, Bakpia inibisa menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai oleh – oleh.
Cukup sekian pengenalan tentang “Bakpia Oleh – Oleh Khas dari Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !