Mie Ongklok Makanan Tradisional dari Wonosobo, Jawa tengah

Makanan tradisional satu ini merupakan hidangan mie kuahkhas dari Wonosobo, Jawa tengah. namanya adalah Mie Ongklok.
Apakah Mie Ongklok itu?

Mie Ongklok adalah hidangan mie kuah yang khas dari Wonosobo,Jawa tengah. Mie Ongklok ini terbuat dari mie yang di rebus bersama dengan sayuran kemudian di siram dengan kuahkental dengan bumbu khusus yang sering di sebut “loh”, sehingga memiliki cita rasa yang khas pada Mie Ongklok ini. MieOngklok ini sangat terkenal, sehingga menjadi salah satu makanan tradisionla khasdari Wonosobo,Jawa tengah.
Mie ini disebut Mie Ongklok karena menggunakan “Ongklok” dalam proses pembuatannya.Ongklok merupakan alat berbentuk keranjang kecil terbuat dari anyaman bambuyang di gunakan untuk merebus mie tersebut. Dalam proses pembuatannya, mie, sayur kol, dan potongan kucai di masukan ke dalam ongklok.Kemudian di celup – celup secara berulang – ulang kedalam air mendidih hingga matang.Setelah matang kemudian disajikan ke dalam mangkuk dan disiram kuah kental yangdi buat dengan bumbu khusus.
Dalam penyajiannya, biasanya Mie Ongklok ini sering disajikan bersama sate sapi, tempe kemul,dan keripik tahu. Untuk menambahrasa, kita bisa menambahkan bawang goreng dan kecap. Namun bagi anda yangmenyukai makanan pedas, anda bisa menambahkan sambal atau merica bubuk.Rasa Mie Ongklok ini sangat unik, rasa bumbu dan campuran ebi pada kuah MieOngklok ini sangat khas. Selain itu saat dipadukan dengan sate sapi akanmenambah kelezatan tersendiri pada Mie Ongklok ini.
Gambar : Mie Ongklok dan Sate Sapi
Mie Ongklok ini sangat mudah kita temukan di daerah Wonosobokhususnya di pusat kota Wonosobo. Disana banyak warung makan yang menjajakan MieOngklok ini. Nah bagi anda yang berkunjung ke Wonosobo, Jawa tengah.tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini.
Nah cukup sekian pengenalan tentang “Mie Ongklok Makanan Tradisional dari Wonosobo, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuananda tentang kuliner tradisional diindonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!