Oseng – Oseng Mercon Makanan Khas dari Yogyakarta

Makanan satu ini merupakan makanan pedas yang sangat unikdan khas dari Yogyakarta. Namanya adalah Oseng – Oseng Mercon.
Apakah Oseng – Oseng Mercon itu?

Oseng – Oseng Mercon adalah makanan tradisional yang sangatpedas dengan cabai rawit sebagaibahan utamanya. Tidak hanya namanya saja yang unik, makanan ini juga memilikirasa yang sangat khas sehingga membuat orang ketagihan untuk menikmatinya. Oseng– Oseng Mercon ini sangat terkenal di Yogyakarta. Sehingga dijadikan salahsatu makanan khas di sana.
Nama Oseng – Oseng Mercon ini memang unik sehingga membuatkita penasaran dan ingin mencoba mencicipinya. Makanan ini disebut Oseng –Oseng Mercon bukan tanpa alasan. Namun karena masakan ini dibuat dengan caradioseng – oseng dan rasanya yang sangat pedas sehingga terasa seakan meledak –ledak di mulut saat kita menyantapnya. Selain disebut dengan Oseng – OsengMercon, makanan ini juga sering disebut dengan Oseng – oseng bledek atau Oseng– oseng halilintar.
Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi, kikil, dan gajih.Bahan ini dimasak bersama bumbu khusus dan cabai rawit dengan cara dioseng –oseng. cabai rawit yang dipakai harus menggunakan perbandingan. Untuk 10 kgdaging biasanya menggunakan 2 kg cabai rawit. Perbandingan ini dilakukan agarpedas yang dihasilkan seimbang dengan komposisi dagingnya. Dalam memasak Oseng– Oseng Mercon ini, tidak menggunakan kecap dan merica, sehingga rasa daricabai rawit tersebut tetap terjaga.
Oseng – Oseng Mercon ini biasanya di sajikan bersama dengannasi hangat. Rasa dari Oseng – Oseng Mercon ini sangat khas, salah satukeistimewaan itu terdapat pada rasa pedasnya. Rasa pedas dari Oseng – OsengMercon ini sangat khas membuat orang yang menyantapnya menjadi ketagihan daningin menikmatinya lagi. Bagi anda yangtidak terlalu menyukai rasa pedas, anda bisa mengurangi jumlah cabai yangdigunakan. Namun bagi anda pencinta makanan pedas, makanan satu ini merupakanmenu wajib yang harus anda coba.
Gambar : Oseng – Oseng Mercon
Oseng – Oseng Mercon ini bisa kita temukan di berbagai tempatdi Yogyakarta.Disana banyak penjual lesehan atau warung makan yang menjajakan makanan khassatu ini. Salah satu warung Oseng – Oseng Mercon yang terkenal adalah “Oseng – Oseng Mercon Bu Narti” yangterletak di jalan KH. Ahmad Dahlan,Yogyakarta. Bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, kurang lengkap rasanyabila belum menikmati makanan unik satu ini.
Cukup sekian pengenalan tentang “Oseng – Oseng Mercon Makanan Khas dari Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan andatentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !