Tempe Kemul Jajanan Khas dari Wonosobo, Jawa tengah

Jajanan khas satu ini merupakan sajian olahan tempe yang khas dari Wonosobo, Jawatengah. namanya adalah Tempe Kemul.
Apakah Tempe Kemul itu?

Tempe Kemul adalah makanan yang terbuat dari tempe yang dilumuri adonan tepung lalu di goreng. Makanan ini merupakan salah satu jajanankhas dari Wonosobo, Jawa tengah. Tempe Kemul hampir sama dengan olahantempe lainnya seperti mendoan dan tempe goreng tepung, namun Tempe Kemul inimemiliki ciri khas dan rasa yang berbeda dengan lainnya.
Nama Tempe Kemul sendiri diambil dari kata “kemul” yang dalam bahasa Jawa berarti “selimut”. Jadi Tempe Kemul diartikan “tempe yang diselimuti”. Sesuai dengannamanya, Tempe Kemul merupakan tempe yang diselimuti dengan adonan tepung.Dalam proses pembuatannya sama dengan tempe mendoan, yaitu tempe dilumuridengan adonan tepung yang sudah dibumbui lalu di goreng.
Walaupun dalam pembuatannya Tempe Kemul ini hampir samadengan Tempe Mendoan, namun TempeKemul dari Wonosobo ini memiliki ciri khas yang berbeda diantaranya sepertipada ukurannya. Pada Tempe Kemul ukurannya sedikit lebih kecil. Selain itu TempeKemul memiliki warna kuning karena adonan khusus yang digunakan. Tempe Kemulini juga teksturnya lebih renyah karena di goreng kering.
Rasa Tempe Kemul ini sangat khas, rasa gurih dari TempeKemul ini sangat terasa di lidah. Selain itu dipadukan dengan kerenyahan dariadonan yang menyelimuti Tempe Kemul ini memberikan sensasi nikmat saatmenyantapnya. Tempe Kemul ini sangat cocok bila disajikan selagi hangat dandisantap dengan cabe rawit. Di Wonosobo Tempe Kemul ini juga sering di sajikansebagai lauk untuk menikmati Mie Ongklokatau Bakso.
Gambar : Tempe Kemul
Tempe Kemul ini sangat mudah ditemukan di Wonosobo, Jawa tengah. Disanabanyak penjual gorengan yang menjual Tempe Kemul ini. Selain itu kita bisamenemukannya diwarung makan seperti warung bakso dan mie ongklok. Bagi andayang berkunjung ke Wonosobo, tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmatijajanan khas satu ini.
Nah cukup sekian pengenalan tentang “Tempe Kemul Jajanan Khas dari Wonosobo, Jawa tengah”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan andatentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!