Tiwul Makanan Tradisional dari Gunung Kidul, Yogyakarta

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan yang melegendabagai masyarakat Jawa, khususnya masyarakat Yogyakarta dan Jawa tengah. Namanyaadalah Tiwul.
Apakah Tiwul itu?

Tiwul adalah makanan tradisional dari Gunung Kidul yang terbuatdari olahan singkong. makanan inisangat unik, selain rasanya yang sangat khas, Tiwul ini juga bisa dijadikansebagai makanan pengganti nasi. Makanan ini sudah terkenal sejak jaman dahuludan menjadi salah satu warisan kuliner bagi masyarakat Yogyakarta, terutamadaerah Gunung Kidul.
Tiwul termasuk makanan yang sangat bersejarah karena sudahada sejak jaman dahulu. Menurut sejarahnya, pada jaman penjajahan dulu makananini dijadikan makanan pokok bagi masyarakat dan dimakan bersama lauk pauk sertasayuran. Setelah jaman penjajahan pun, makanan ini masih tetap berfungsisebagai makanan pokok apabila stokberas habis sebelum masa panen.
Tiwul dibuat melalui beberapa proses. Dalam prosespembuatannya, singkong di kupas dan di jemur hingga kering. Singkong yang sudahkering tersebut oleh masyarakat Jawa biasa di sebut dengan gaplek. Gaplek inikemudian ditumbuk hingga halus dan menjadi seperti tepung. Lalu tepung tersebutdi kukus hingga matang dan menjadi Tiwul. Dalam penyajiannya, biasanya Tiwul disajikan dengan ditaburi parutan kelapa. Namun bisa juga di sajikan bersamadengan lauk pauk atau sambal.
Tiwul memiliki rasayang sedikit manis dan memiliki aroma alami dari singkong, sehingga memilikicita rasa yang khas pada makanan ini. Selain itu teksturnya yang pulen danmenggumpal memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Tiwul inidipercaya sangat berguna bagi tubuh kita, karena mempunyai kandungan kaloriyang lebih rendah dari pada nasi. Tiwul ini juga dapat mencegah penyakitseperti maag dan penyakit perut lainnya.
Gambar : Tiwul
Selain di Gunung Kidul, Tiwul ini juga telah menyebar keberbagai tempat di Yogyakarta. Makanan ini sangat mudah kita temukan di pasar –pasar tradisional. Selain itu banyak juga warung makanan khusus yang menjajakanmakanan satu ini, dan penyajiannya pun lebih bervariatif dengan cara yang lebihmodern. Nah bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, makanan satu ini tentusangat menarik untuk di coba.
Cukup sekian pengenalan tentang “Tiwul Makanan Tradisional dari Gunung Kidul, Yogyakarta”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan andatentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !