Yangko Makanan Khas dari Yogyakarta

Makanan khas Yogyakarta satu ini sekilas terlihat hampirsama dengan kue mochi dari Jepang. Namanya adalah Yangko.

Apakah Yangko itu?

Yangko adalah makanan tradisional berwarna – warni yang terbuatdari tepung ketan dan dibalut dengantepung di bagian luarnya. Yangko ini memiliki bentuk yang kotak dan memilikitekstur yang kenyal, selain itu juga memiliki rasa yang cenderung manis dansangat khas. Yangko merupakan makanan tradisional Yogyakarta dan menjadisalah satu oleh – oleh khas disana.
Yangko ini hampir sama dengan kue mochi dari Jepang, namun yang membedakan adalah kue mochibentuknya bulat dan teksturnya lebih lembek dan lebih kenyal. Yangko sendiri memilikiberbagai ciri khas yaitu bentuknya yang kotak dan dibaluri dengan tepung dibagian luarnya. Selain itu saat kita menyantapnya akan terasa kenyal dan lembutdi mulut, sehingga menimbulkan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.
Proses pembuatan Yangko ini membutuhkan waktu yang lama danmembutuhkan ketelatenan dalam membuatnya. Dalam proses pembuatannya, pertama berasketan dikukus lalu di jemur hingga kering. Lalu beras ketan tersebut di goreng tanpa minyak dan ditumbuk untuk jadikanseperti tepung. Setelah itu air gula dimasak dan campurkan tepung tersebut secaraperlahan. Lalu dimasukan juga rasa yang diingingkan dan setelah matang adonandidingingkan. Setelah adonan dingin, lalu di potong kotak dan dibaluri tepungterigu. Selanjutnya di kemas menggunakan kertas minyak.
Yangko ini memiliki rasa yang manis dan juga memiliki aromayang wangi, sehingga dapat menggugah selera kita untuk menyantapnya. Selain ituteksturnya yang kenyal dan lembut di mulut membuat kita serasa tidak mauberhenti untuk menyantapnya. Pada awalnya, rasa asli dari Yangko ini adalahrasa campuran kacang dan gula. Namun seiring dengan perkembangannya,maka Yangko ini mulai di padukan dengan rasa lain seperti rasa strawberry,melon, durian dan lain – lain. Walau pun begitu, namun tidak meninggalkan cirikhasnya yang manis dan kenyal.
Gambar : Yangko
Yangko ini sangat mudah kita temukan di Yogyakarta. Disana banyaktersebar industri rumahan yang memproduksi makanan satu ini. Selain itu kitajuga dengan mudah menemukannya di berbagai toko oleh – oleh yang ada di Yogyakarta.Nah, bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, makanan ini bisa jadi pilihanbagi anda untuk dijadikan sebagai oleh oleh.
Cukup sekian pengenalan tentang “Yangko Makanan Khas dari Yogyakarta”.Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !