Bandeng Asap Oleh – Oleh Khas Dari Sidoarjo, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan salah satu pengolahan ikanbandeng yang khas dari Sidoarjo, JawaTimur. Namanya adalah Bandeng Asap.

Apakah Bandeng Asap itu?

Bandeng Asap adalah makanan khas yang berbahan dasar ikanbandeng yang dimatangkan dengan cara diasapkan. Proses pengasapan ikan bandengini dilakukan dengan cara khusus sehingga menghasilkan ikan bandeng yang gurih, tidak amis dan tidak gosong. Bandeng Asap ini merupakansalah satu makanan khas dari Sidoarjo, Jawa Timur. Selain menjadimakana khas disana, Bandeng Asap jugabisa dijadikan sebagai sebagai oleh – oleh bagi anda yang berkunjung kesana.
Pengolahan BandengAsap
Ikan bandeng yang digunakan untuk Bandeng Asap memilikiukuran tertentu. Karena apabila terlalu kecil maka akan mudah gosong,sebaliknya apa bila terlalu besar maka tingkat kematangan ikan kurang baik.Dalam proses pembuatannya, ikan bandeng terlebih dahulu dibersihkan sisik, isiperut, insang dan darahnya. Untuk membersihkan ikan bandeng ini dilakukansampai benar benar bersih agar tidak berbau amis. Setelah ikan dibersihkan,kemudian ikan tersebut di rendam kedalam air garam selama kurang lebih 2 jamhingga garam meresap. Lalu setelah direndam kemudian dibersihkan lagi denganair agar mengurangi kadar garam dan daging ikan tidak terlalu asin. Setelah itukemudian ditiriskan sebentar dan ikan bandeng tersebut siap diasapkan.
Pada proses pengasapan ini biasanya menggunakan bara apiyang disiram dengan serbuk kayu sehingga akan menghasilkan asap yang baik dantidak terlalu sangit. Serbuk kayu yang digunakan pun juga khusus karena akanberpengaruh pada warna ikan. Pada pengasapannya, pada bagian perut ikandisangga dengan lidi, agar asapnyabisa masuk sampai ke bagian dalam ikan. Kemudian ikan bandeng tersebutdiasapkan selama 3 jam sampai matang.
Cita Rasa BandengAsap
Untuk menikmatinya, Bandeng Asap yang sudah jadi bisa kitanikmati dengan sambal petis. Selainitu Bandeng Asap ini juga bisa kita olah sebagai hidangan lain, sepertidigoreng, dimasak sayur dan lain – lain. Bandeng Asap ini memiliki cita rasayang khas, selain rasanya yang gurih, Bandeng Asap juga memiliki tekstur yanglembut dan kenyal. Selain itu, BandengAsap juga memiliki aroma yang sangat khas, namu tidak sangit dan tidak amisjuga.
Perkembangan BandengAsap
Bandeng Asap inimerupakan salah satu pengolahan ikan bandeng yang cukup terkenal di Sidoarjo, Jawa Timur. Selain di jadikanmenu makanan, Bandeng Asap ini juga dijadikan salah satu oleh – oleh khas dari Sidoarjo.Untuk Bandeng Asap yang dijadikan oleh – oleh biasanya merupakan Bandeng Asapyang masih fresh. Karena tidakmenggunakan bahan pengawet, Bandeng Asap ini hanya bisa bertahan sebentar danbila terlalu lama maka daging ikannya akan mengeras dan terlalu asin. Bagi andayang berkunjung ke Sidoarjo, Bandeng Asap ini tentu sangat disarankan untukdicicipi dan dijadikan oleh – oleh.
Sekian pengenalan tentang “Bandeng Asap Oleh – Oleh Khas Dari Sidoarjo, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan andatentang kuliner tradisional di indonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!