Lontong Kupang Makanan Tradisional Dari Sidoarjo, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisionalyang cukup terkenal dari Sidoarjo. Namanya adalah Lontong Kupang.

Apakah Lontong Kupang itu?

Lontong Kupang adalah makanan tradisional terbuat dari bahandasar kupang yang dimasak dengan carakhusus dan disajikan bersama dengan lontong. Kupang sendiri merupakan hewanlaut sejenis kerang yang memiliki bentuk sangatkecil dan memiliki warna tubuh berwarna coklat pucat. Kupang ini biasanya dapatditemukan di pinggir pantai atau lumpur air asin.
Lontong Kupang ini merupakan salah satu makanan tradisionalyang sangat terkenal di Jawa Timur, terutama di Sidoarjoyang menjadikan Lontong Kupang ini sebagai makanan khas di sana. SelainSidoarjo, Lontong Kupang ini juga terdapat di daerah lain seperti surabaya danpasuruan.
Pengolahan Dan Penyajian Lontong Kupang
Dalam proses pengolahannya, kupang dikupas terlebih dahuludan dicuci hingga bersih. Setelah itu dimasak dengan bumbu sederhana seperti bawang putih, gula jawa, garam, bumbu penyedapdan petis. Setelah kupang terasaempuk kemudian disajikan bersama dengan irisan lontong dan lentho. Untukpenyedap rasa kita bisa menambahkan perasan jeruknipis atau sambal petis.
Lontong Kupang ini biasanya dihidangkan selagi hangatbersama dengan sate kerang dan es kelapa muda sebagai minumannya. Eskelapa muda ini selain enak dan dapat menetralkan rasa, juga dipercaya dapatmencegah alergi bagi mereka yang tidak cocok dengan makanan laut ini.
Cita Rasa LontongKupang
Walaupun bila dilihat dari bentuknya yang sedikit aneh, tapiLontong Kupang ini memiliki cita rasa yang sangat khas. perpaduan rasa gurihdari kuah, serta petis yang kental dan beraroma udang ini tentu memberikan citarasa yang khas pada makanan satu ini. Selain itu perpaduan tekstur lontong yangpadat namun lembut, kupang yang kenyal, dan lentho yang renyah tentu memberikansensasi tersendiri saat kita mengunyahnya. Selain rasanya yang nikmat dansangat khas ini, kupang juga dipercaya memiliki khasiat yang sangat bergunabagi tubuh kita karena gizi yang terdapat di dalamnya.
Perkembangan LontongKupang
Karena rasanya yang khas dan berkhasiat, Lontong Kupang initidak hanya diminati masyarakat Sidoarjo saja, namun juga para wisatawan yangberkunjung ke sana. Lontong Kupang ini sangat mudah kita temukan di Sidoarjo.Disana banyak penjual keliling atau warung yang menjajakan menu satu ini. Bagianda yang berkunjung ke Sidoarjo, tentu kurang lengkap rasanya bila belummencicipi makanan tradisioal dari Sidoarjo ini.
Sekian pengenalan tentang “Lontong Kupang MakananTradisional Dari Sidoarjo, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambahpengetahuan anda tentang kulinertradisional di indonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!