Soto Kediri Makanan Tradisional Dari Kediri, Jawa Timur

Makanan tradisional satu ini merupakan sajian masakan sotoayam khas dari Kediri, Jawa Timur. namanya adalah Soto Kediri.

Apakah Soto Kediri itu?

Soto Kediri adalah makanan tradisional soto ayam yang khas dariKediri,Jawa Timur. Soto Kediri ini sekilas hampir sama dengan soto ayam padaumumnya, namun memiliki rasa yang khas dan penyajiannya sedikit berbeda. SotoKediri ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Kediri,Jawa Timur.
Keistimewaan SotoKediri
Soto Kediri ini terdiri dari bahan – bahan yang sama dengansoto ayam pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah kuah sotonya. Kuah SotoKediri ini dibuat dengan tambahan santan sehingga menghasilkan kuah yangsedikit kental, lebih gurih dan menyegarkan. Kuah santan ini lah yang menjadisalah satu keistimewaan dari Soto Kediri dan berbeda dengan soto lainnya.
Pengolahan Dan PenyajianSoto Kediri
Bahan yang digunakan untuk Soto Kediri ini hampir sama dengansoto ayam lainnya, yaitu daging ayam, miedan bahan pelengkap lainnya. Sedangkan kuah Soto Kediri ini terbuat darikaldu ayam, santan dan racikan bumbu khusus. Untuk daging ayam yang digunakanbiasanya menggunakan daging ayam kampung sehingga menghasilkan rasa kuah yanggurih dan aroma ayamnya terasa.
Soto Kediri ini disajikan dengan nasi hangat dan bahanpelengkap lainnya seperti kol, kecambah, irisantelur dan suwiran daging ayam.Sebagai penambah rasa disediakan juga jeruknipis, cabe rawit dan kecap.Untuk penyajian Soto Kediri ini, biasanya penjual menyajikannya secara terpisahsehingga kita bisa meracik sendiri sesuai dengan selera kita. Selain itubeberapa penjual Soto Kediri juga menyediakan ayam bakar sebagai pendampingsajian sotonya. Ayam bakar ini juga merupakan menu special, karena dagingnya dimasak terlebih dahulu sebelumdibakar, sehingga bumbunya lebih meresap dan tingkat kematangannya maksimal.
Cita Rasa Soto Kediri
Soto Kediri ini memiliki cita rasa yang sangat khas terutamapada kuahnya. Kuah santan pada Soto Kediri ini terasa gurih dan terasa halus,sehingga tidak terasa eneg. Selainitu Soto Kediri ini akan terasa special bila disajikan dengan ayam bakarnya.Perpaduan rasa soto yang gurih dan rasa ayam bakar yang khas, tentu memberikansensasi tersendiri saat kita menyantapnya.
Tempat Kuliner SotoKediri
Soto Kediri ini merupakan salah satu makanan tradisionalyang cukup terkenal di Kediri, Jawa Timur. Di sana makanan ini sangat mudahkita temukan, salah satunya di sekitar kawasan terminal tamanan, kota Kediri. Disana banyak warung – warung yangmenjajakan Soto Kediri ini, sehingga banyak juga yang menyebutnya Soto Tamanan. Bagi anda yang berkunjungke sana menggunakan bis, anda bisa langsung mencari warung Soto Kediri ini danmenikmatinya.
Sekian pengenalan tentang “Soto Kediri Makanan Tradisional Dari Kediri, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan andatentang kuliner tradisional di indonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!