Soto Lamongan Makanan Tradisional Dari Lamongan, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan sajian soto dari Lamongan, JawaTimur yang sudah terkenal kelezatannya. Namanya adalah Soto Lamongan.

Apakah Soto Lamongan itu?

Soto Lamongan adalah sajian makanan soto ayam yang khas dari Lamongan,Jawa Timur. Soto yang satu ini sangat khas dan berbeda dengan sotolainnya, baik dari segi penyajian maupun rasanya. Soto Lamongan merupakan salahsatu makanan tradisional dari Lamongan yang sangat terkenal kelezatannya. Tidakhanya di daerahnya sendiri, namun juga merupakan masakan yang sangat terkenaldi indonesia.
Keistimewaan SotoLamongan
Soto Lamongan ini sedikit berbeda dengan soto lainnya. Salahsatu ciri khas dari Soto Lamongan ini terletak pada serbuk krupuk udangnya yangsering disebut Poya. Apabila serbuk Poya tersebut di campurkan dengankuahnya maka akan menghasilkan rasa gurih yang khas pada Soto Lamongan ini.selain rasanya nikmat, aroma Soto Lamongan ini juga sangat menggugah selera.
Pengolahan Dan PenyajianSoto Lamongan
Proses pembuatan Soto Lamongan ini hampir sama dengan sotopada umumnya. Namun daging ayam yang digunakan adalah daging ayam kampungpilihan, sehingga menghasilkan rasa ayam yang gurih dan empuk. Untuk kuah dari SotoLamongan ini dibuat dari bumbu khusus dengan aneka rempah yang membuat rasakuahnya sangat kuat. Selain itu kuahnya juga menggunakan kaldu ayam aslisebagai penyedap rasa.
Dalam penyajiannya, Soto Lamongan ini disajikan dengan nasidan bahan tambahan lainnya seperti suwirandaging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun dan irisan telur ayam dalam satu mangkuk.Kemudian di siram dengan kuah soto dan ditamburkan Poya dan bawang goreng. Selain itu ada juga yang menambahkanseperti ceker ayam, kulit ayam, sayapayam dan kentang goreng sebagaipelengkap. Untuk penambah rasa Soto Lamongan ini bisa di tambahkan seperti sambal, jeruk nipis dan kecap.
Cita Rasa SotoLamongan
Soto Lamongan memiliki cita rasa yang gurih dan kuah yang beningdengan rasa ayam yang sangat terasa sehingga menjadi keistimewaantersendiri pada Soto Lamongan ini. Tidaklupa juga campuran serbuk Poya yangmenjadikan Soto Lamongan ini semakin terasa kelezatannya. Selain itu didukungdengan isi soto seperti suwiran dagingayam, daun bawang, telur dan bahan lainnya membuat Soto Lamongan ini sangatkaya akan rasa.
Tempat Kuliner SotoLamongan
Soto Lamongan ini merupakan makanan tradisional yangterkenal dan menjadi salah satu iconkuliner di Lamongan, Jawa Timur. Di Lamongan sendiri, makanan ini sangat mudahkita temukan, karena banyaknya warung yang menjajakan menu satu ini. Karenarasanya yang khas, Soto Lamongan ini juga telah menyebar di berbagai tempat diindonesia. Sehingga bagi anda yang ada di luar kota Lamongan tidak perlu jauh –jauh datang kesana untuk menikmati makanan satu ini. Namun bila anda berkunjungatau berwisata ke Lamongan tentu kurang lengkap bila belum merasakan cita rasa aslidari Soto Lamongan ini.
Sekian pengenalan tentang “Soto Lamongan Makanan Tradisional Dari Lamongan, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuananda tentang kuliner tradisional diindonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!