Tahu Kuning Makanan Tradisional Dari Kediri, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan jenis olahan tahu yang sangatkhas dari Kediri, Jawa Timur. Namanya adalah Tahu Kuning.

Apakah Tahu Kuning itu?

Tahu Kuning adalah makanan jenis tahu yang pada bagian luarnyamemiliki warna kuning. Warna tersebut disebabkan karena pada saat perendamantahu diberi kunyit, sehinggamenghasilkan warna kuning pada bagian luarnya. Selain warnanya yang unik, TahuKuning ini memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dengan tahu putih atau jenistahu lainnya. Tahu Kuning ini merupakan salah satu makanan khas dari kota Kediri,Jawa Timur.
Keistimewaan TahuKuning
Selain warnanya yang unik, Tahu Kuning ini memiliki beberapakeistimewaan yang membedakan dengan jenis tahu lainnya. Salah satu keistimewaandari Tahu Kuning ini terletak pada tekturnya yang lebih padat, sehingga biladipotong tidak mudah hancur. Selain itu, Tahu Kuning ini juga lebih kenyal danbagian dalamnya juga terlihat sangat halus. Berbeda dengan tahu putih padaumumnya yang bila dipotong sering mudah hancur dan bagian dalamnya terlihattidak halus.
Pengolahan TahuKuning
Sama dengan tahu pada umumnya, Tahu Kuning ini juga terbuatdari kedelai. Namun yang membedakanadalah pada proses perendamannya. Pada proses perendaman tahu ini menggunakanair rendaman yang sudah diberi kunyit,sehingga menghasilkan warna kuning pada tahunya. Selain itu pada prosespencetakannya juga menggunakan bahan tahu yang lebih banyak, sehinggamenghasilkan tahu yang lebih padat.
Cita Rasa Tahu Kuning
Tahu Kuning ini memiliki cita rasa yang khas dan sedikitberbeda dengan tahu pada umumnya. Apabila digoreng, bagian luar tahu akanmenjadi kering dan terasa renyah, namun pada bagian dalam tetap lembut dankenyal. Sedangkan untuk rasanya, Tahu Kuning ini memiliki rasa gurih yangsangat khas. Tahu Kuning ini sangat cocok bila disajikan bersama dengan cabai rawit atau sambal petis. Rasanya yang gurih dan kenyal tentu membuat kitaketagihan dan tidak mau berhenti menyantapnya.
Tempat Kuliner TahuKuning
Tahu Kuning ini merupakan salah satu makanan tradisionalyang cukup terkenal di Kediri, Jawa Timur. untuk mencari Tahu Kuning ini sangatmudah, karena banyaknya industri rumahan yang memproduksi makanan ini. Selainitu kita juga bisa menemukannya di beberapa toko oleh – oleh yang tersebar dikota Kediri.
Sekian pengenalan tentang “Tahu Kuning Makanan Tradisional Dari Kediri, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan andatentang kuliner tradisional di indonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!