Tari Boran Tarian Tradisional dari Lamongan, Jawa Timur

Tarian tradisional satu ini menggambarkan tentang kehidupanpara penjual nasi boran dari Lamongan, JawaTimur. Namanya adalah Tari Boran.

Apakah Tari Boran itu?

Tari Boran adalah tarian tradisional dari Lamongan yangmenggambarkan kehidupan para penjual nasiboran yang menjajakan dagangannya dan berinteraksi dengan pembeli. Tarianini selain kaya akan nilai seni dan budaya, namun juga banyak terdapat nilai filosofis di dalamnya. Tari Boran inimerupakan tarian tradisional yang sangat terkenal di Lamongan dan menjadi salahsatu tarian khas disana.
Tari Boran terinspirasi dari para penjual nasi boran, yaitumakanan tradisional khas dari Lamongan, Jawa Timur. Pada jamandahulu para penjual nasi boran menjajakan dagangannya dengan cara menggunakan Wakul atau wadah nasi yang terbuat daribambu dan ditaruh diatas kepala mereka untuk membawanya. Untuk menjajakannyamereka berjalan kaki dan menawarkan dagangannya kepada setiap orang yangdijumpainya. Di bawah panasnya terik matahari dan kerasnya kehidupan mereka berjuanguntuk mencari rejeki. Dari perjuangan mereka itulah yang menginspirasi paraseniman di Lamongan untuk menciptakan Tari Boran ini.
Keindahan dari Tari Boran ini terletak pada gerakannya yangindah dan tersusun rapi. Dalam pertunjukannya, Tari Boran ini dilakukan secaraberkelompok sehingga formasi dan kekompakan sangat penting di sini. Gerakan TariBoran ini cenderung gerakan yang sederhana dan penuh makna. Setiap gerakandalam Tari Boran ini menggambarkan aktivitas para penjual nasi boran pada jamandahulu, mulai dari menyiapkan makanan sampai menjualkannya kepada pelanggan.
Dalam pertunjukannya, penari menari dengan lincah dankompak. Ritme gerakan pada tarian inikadang lambat dan kadang menjadi cepat sesuai dengan jalan cerita yangditampilkan agar pesan dan maknanya bisa tersampaikan dengan mudah kepadapenonton. Selain itu gerakan juga disesuikan dengan music pengiringnya agarterlihat selaras. Music pengiring pada Tari Boran ini adalah music gamelan yang khas dari Jawa Timur.
Kostum yang digunakan pada Tari Boran ini biasanyamenggunakan busana tradisional berupa baju kembenlengan panjang. Pada bagian bawah menggunakan celana sepanjang bawah dengkul denganwarna yang sama seperti kebaya dan kain batik khas Lamongan pada bagianpinggang menutupi celana. Selain itu pada bagian kepala menggunakan kupluk ataukain penutup kepala. Tidak lupa tempat nasi atau Wakul yang digunakan sebagai property menarinya.
Gambar : Tari Boran
Dalam perkembangannya, Tari Boran menjadi salah satu tariankhas dan kebanggaan dari kota Lamongan, Jawa Timur. Berbagaiprestasi yang sudah diraih dalam berbagai event budaya Tari Boran ini semakindikenal oleh masyarakat luas. Tarian ini masih terus dilestarikan dan dijagakeberadaannya, terbukti dengan sering ditampilkan di berbagai acara sepertiacara daerah dan festival budaya.
Cukup sekian pengenalan tentang “Tari Boran Tarian Tradisional dari Lamongan, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menamabah pengetahuananda tentang kesenian tradisional diIndonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA!