Brem Makanan Khas Dari Madiun, Jawa Timur

Berkunjung ke Madiun tentu kurang lengkap rasanya bila belummembawa pulang makanan khas satu ini. Namanya adalah Brem.

Apakah Brem itu?

Brem adalah makanan tradisional sejenis kue kering yang terbuatdari sari beras ketan. Makanan satuini memiliki bentuk kotak dan berwarna putih sedikit kekuningan dengan rasayang sangat khas. Brem ini merupakan makanan khas dari daerah Madiun,Jawa Timur, yang cukup terkenal. Rasanya yang khas membuat makanan inisangat digemari, baik masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung kesana.
Keistimewaan Brem
Brem ini merupakan makanan khas yang sangat unik. Yangmenjadi ciri khas dari makanan satu ini adalah teksturnya yang padat dan kering,namun terasa mudah hancur di mulut saat kita memakannya. Selain itu rasa manisdengan sedikit rasa asam yang khas tentu memberikan cita rasa tersendiri padamakanan satu ini.
Pengolahan Brem
Proses pengolahan Brem cukup rumit karena diolah denganbeberapa tahapan sehingga membutuhkan telatenan dalam membuatnya. Pertama,beras ketan dimasak hingga matang. Setelah itu didinginkan dengan caradiangin-anginkan, kemudian di beri ragitape dan didiamkan selama beberapa hari hingga menjadi tape ketan. Setelah menjadi tape ketan, kemudian diambil air atausari tapenya dengan cara diperas menggunakan alat khusus, lalu sari tapetersebut dimasak lagi dan diberi perasa atau aroma buatan sambil diaduk rata.Setelah matang kemudian dicetak menggunakan cetakan balok besar dan didinginkanhingga menjadi Brem. Pada tahap akhir Brem tersebut dipotong-potong sesuaiukuran dan dikemas.
Cita Rasa Brem
Brem ini didominasi oleh rasa manis dan sedikit keasamanyang sangat khas. Selain itu yang menjadi keunikan dari Brem ini adalah walaumerupakan makanan kering, namun saat kita memakannya akan terasa sepertimencair di mulut dan meninggalkan rasa dingin di lidah kita. Sehingga akanmenimbulkan sensasi tersendiri saat menikmati makanan satu ini.
Tempat Kuliner Brem
Brem merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenaldi Madiun, Jawa Timur. Di sana makanan ini sangat mudah di temukan. Salah satusentra industri Brem adalah di Desa Kaliabu,Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Bagi anda yang berkunjungatau berwisata ke Madiun dan ingin mencicipi makanan satu ini, anda bisa datanglangsung ke sentra produksi Brem tersebut. Selain itu anda juga bisamenemukannya di toko oleh-oleh yang ada di daerah Madiun. Brem ini biasanya dibuat dengan berbagai varian rasa seperti rasabuah, rasa coklat dan lain-lain, sehingga anda bisa memilih sesuai denganselera.
Sekian pengenalan tentang “Brem Makanan Khas Dari Madiun, JawaTimur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang aneka kuliner tradisional di indonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!