Gendang Beleq Kesenian Tradisional Dari Lombok, NTB

Kesenian satu ini merupakan salah satu kesenian musiktradisional yang khas dari Lombok, NTB. Namanya dalah Gendang Beleq.

Apakah Gendang Beleq itu?

Gendang Beleq adalah kesenian musik tradisional yang dimainkansecara berkelompok dengan menggunakan beberapa macam alat musik dan gendang berukuranbesar sebagai alat musik utamanya. Alat musik gendang yang digunakan sedikitberbeda dengan gendang pada umumnya karena memiliki ukuran yang lebih besar.Kesenian Gendang Beleq ini merupakansalah satu kesenian tradisional yang berasal dari Suku Sasak di Pulau Lombok, NTB.
Asal Mula GendangBeleq
Kesenian Gendang Beleq ini merupakan kesenian tradisionalyang berasal dari Suku Sasak di pulau Lombok. Menurut beberapa sumber yang ada,awalnya Gendang Beleq merupakan alat musik pengiring dan penyemangat paraprajurit saat akan berjuang ke medan perang. Suara yang dihasilkan oleh GendangBeleq ini dipercaya membuat para prajurit lebih percaya diri dan lebih beraniuntuk bertempur membela kerajaan mereka.
Namun seiring dengan berjalannya waktu Gendang Beleqdigunakan sebagai musik pengiring sebuah acara adat, kesenian, budaya maupunhiburan rakyat. Dengan menambahkan beberapa alat musik tradisional sebagaimusik tambahannya. Naman Gendang Beleq sendiri diambil dari kata gendang dan beleq. Dalam bahasa Suku Sasak “beleq”memiliki arti “besar”, sedangkan “gendang” merupakan alat musik yangdigunakan. Sehingga dapat diartikan Gendang Beleq merupakan gendang yangberukuran besar.
Fungsi Gendang Beleq
Seperti yang disebutkan di atas, Gendang Beleq awalnyadigunakan sebagai penyemangat para prajurit menuju medan perang, dan sekarangmenjadi pengiring pengiring sebuah acara adat maupun acara hiburan. Walaupunbegitu, bagi masyarakat Suku Sasak, Gendang Beleq ini memiliki nilai filosofisdan disakralkan. Selain memiliki keindahan dalam wujud seni, juga menyangkutjati diri dan jiwa kepahlawanan masyarkaat Suku Sasak.
Pertunjukan GendangBeleq
Dalam pertunjukan Gendang Beleq biasanya ditampilkan secaraberjalan berkeliling dan berkelompok. Setiap kelompok biasanya terdiri dari 13sampai 17 orang dengan membawa alat musik gendang maupun alat musik tambahan.Selain itu dalam pertunjukannya, selain memainkan musik mereka juga menaridengan gerakan-gerakan bervariatif yang diciptakan oleh para pemainnya. Sehinggadapat menyuguhkan pertunjukan yang atraktif dan menghibur.
Pengiring GendangBeleq
Dalam pertunjukan kesenian Gendang Beleq ini tidak hanyaterdiri dari gendang saja namun juga beberapa alat musik lain sebagaitambahannya. Alat musik yang digunakan pada pertunjukan Gendang Beleq inidiantaranya, dua Gendang Beleq (gendang mama dan gendang nine), gendang kodeq (gendangkecil), reong, prembak baleq, prembakkodeq, petuk, gong besar, gong penyelak, gong oncer, dan lelontek. Dalam pertunjukannya alat musiktersebut dimainkan secara kompak dan padu sehingga menghasilkan suara yangindah dan enak untuk didengar.
Perkembangan GendangBeleq
Kesenian Gendang Beleq ini merupakan salah satu keseniantradisional yang cukup terkenal di pulau Lombok, NTB. Dalam perkembangannya,kesenian ini masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh beberapa kelompokkesenian yang ada di sana. Gendang Beleq ini juga sering ditampilkan diberbagai acara seperti pernikahan,khitanan, acara adat, penyambutan tamu besar, festival budaya dan beberapaacara besar lainnya.
Sekian pengenalan tentang “Gendang Beleq KesenianTradisional Dari Lombok, NTB”. Semoga bermanfaat dan menamabahpengetahuan anda tentang ragam keseniantradisional di indonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA!