Jerangking Makanan Tradisional Dari Magetan, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan makanan sejenis kerupuk yang khasdari Magetan, Jawa Timur. Namanya adalah Jerangking.

Apakah Jerangking itu?

Jerangking adalah makanan tradisional sejenis kerupuk yangterbuat dari beras ketan. Makanan inisekilas hampir mirip dengan kerupuklempeng, hanya saja Jerangking memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanyapun sangat khas. Jerangking ini merupakan salah satu makanan khas dari Magetan,Jawa Timur. Selain dijadikan untuk menu cemilan, Jerangking ini jugasering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke sana.
Keistimewaan Jerangking
Salah satu keistimewaan dari Jerangking ini adalah dariproses pengolahannya. Tidak seperti kerupuk pada umumnya yang diolah dengancara digoreng, Jerangking ini diolah dengan cara dipanggang sehingga tidakmengandung minyak dan kolesterol. Selain itu Jerangking ini juga memiliki aromasedikit gosong, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda denganjenis kerupuk lainnya.
Pengolahan Jerangking
Proses pengolahan Jerangking ini cukup sederhana dan unik.Pertama beras ketan dimasak hingga matang dan menjadi ketan. Kemudian ketan tersebut ditumbuk hingga menjadi adonanlengket. Setelah itu adonan dipres dengan mesin pres maupun alat tradisionalhingga menjadi tipis. Setelah berbentuk tipis kemudian dipanggang. Jerangkingini biasanya diolah tanpa menggunakan bahan perasa apapun sehingga rasanyasangat alami.
Cita Rasa Jerangking
Jerangking ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Walaupuntanpa menggunakan bahan perasa, Jerangking ini memiliki rasa yang gurih. Selainitu aroma yang sedikit gosong hasil pemanggangan ini menambah sensasitersendiri saat memakannya. Untuk teksturnya, Jerangking ini memiliki teksturyang renyah, namun apabila disimpan di tempat yang tidak tepat maka teksturnyaakan mengeras. Jerangking ini sangat sehat untuk dikonsumsi, karenapengolahannya yang dipanggang sehingga tidak mengandung minyak dan kolesterol.
Tempat Kuliner Jerangking
Jerangking ini merupakan makanan tradisional yang cukupterkenal di Magetan, Jawa Timur. Di sana, Jerangking ini banyak dijual dan diproduksi. Selain dijual di warung-warung, Jerangking ini juga bisa kita temukandi pusat oleh-oleh yang ada di daerah Magetan. Sehingga bagi anda yangberkunjung ke sana bisa dengan mudah mencarinya.
Sekian pengenalan tentang “Jerangking Makanan Tradisional Dari Magetan, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuananda tentang aneka kuliner tradisional diindonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!