Nasi Becek Makanan Tradisional Dari Nganjuk, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan makanan jenis kare atau gulaiyang sangat khas dari Nganjuk, Jawa Timur. Namanya adalah Nasi Becek.

Apakah Nasi Becek itu?

Nasi Becek adalah makanan tradisional hampir mirip dengan kare kambing atau gulai kambing. Walaupun hampir mirip dengan gulai kambing, namun NasiBecek ini memiliki cita rasa dan penyajian yang sedikit berbeda. Nasi Becek inimerupakan salah satu makanan khas dari Nganjuk, Jawa Timur. Karena rasanyayang khas, makanan ini sangat diminati dan menjadi salah satu makanantradisional yang cukup terkenal di sana.
Keistimewaan NasiBecek
Makanan ini sekilas terlihat mirip dengan kare kambing atau gulai kambing, namun Nasi Becek disajikan seperti soto babat yang didalamnya terdapat irisan kubis, kecambah dan potongan daging atau babat. Selain itu ditambahkan juga satekambing sebagai menu pelengkapnya. Perpaduan rasa kuah dan sate inilah yangmenjadi keistimewaan dari makanan Nasi Becek.
Pengolahan Nasi Becek
Dalam proses pengolahannya, kuah Nasi Becek ini diolahdengan bumbu yang cukup lengkap mulai dari bumbu yang dihaluskan hingga bumbu rempah, sehingga cita rasabumbunya sangat terasa di lidah kita saat menyantapnya. Selain itu ditambahkandengan potongan daging kambing dan jeroan tentu membuat Nasi Becek ini semakinnikmat.
Nasi Becek ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan diatasnya juga terdapat aneka trancamseperti irisan kubis, seledri, dan kecambah. kemudian disiram dengan kuahdan dagingnya. Untuk sate kambing biasanya disajikan secara terpisah ataudisajikan langsung di atas Nasi Becek.
Cita Rasa Nasi Becek
Nasi Becek ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Walaupunkuahnya terbuat dari aneka bumbu yang beragam, namun kuah memiliki rasa yangpas dan tidak terlalu menyengat. Isian daging pada kuah tersebut juga terasaempuk sehingga tidak terlalu susah untuk menyantapnya. Selain itu, salah satuciri khas dari Nasi Becek ini adalah perpaduan rasa kuah dan sate kambingnya.
Sate kambing ini sudah terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu kacang, kecap dan irisan bawang merah. Sehingga biladibandingkan dengan kuah Nasi Beceknya akan menjadi dua rasa yang berbeda danbila keduanya dipadukan akan menjadi satu rasa yang sangat khas.
Tempat Kuliner NasiBecek
Bagi anda yang berkunjung ke Kota Nganjuk, Jawa Timur, tentukurang lengkap bila belum menikmati makanan satu ini. Nasi Becek ini merupakansalah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di sana. Salah satu tempatkuliner Nasi Becek yang mudah dijumpai adalah di Jl. Dr. Soetomo, Nganjuk, Jawa Timur. Selain itu banyak jugapenjual Nasi Becek yang berjualan di daerah Nganjuk lainnya.
Sekian pengenalan tentang “Nasi Becek Makanan Tradisional DariNganjuk, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan andatentang ragam kuliner tradisional diindonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!