Pecel Madiun Makanan Tradisional Dari Madiun, Jawa Timur

Makanan satu ini merupakan makanan tradisional jenis pecelyang khas dari Madiun, Jawa Timur. Namanya adalah Pecel Madiun.

Apakah Pecel Madiun itu?

Pecel Madiun adalah makanan tradisional jenis olahan pecel yangkhas dari Madiun, Jawa Timur. pecel yang satu ini sekilas hampir samadengan pecel pada umumnya, namun bila kita perhatikan bahannya lebih lengkapdan bumbu pecelnya sangat khas. Pecel Madiun ini merupakan salah satu makanantradisional yang sangat terkenal di Madiun, Jawa Timur, dan menjadi icon kuliner kebanggaan masyarakatdisana.
Keistimewaan PecelMadiun
Bila dilihat dari penampilannya, Pecel Madiun ini hampirsama dengan sajian pecel pada umumnya. Namun yang membuat Pecel Madiun iniistimewa adalah penambahan jeruk purutpada bumbu kacangnya, sehingga memberikan aroma dan rasa yang sangat khas. Selainitu bila diperhatikan, sayuran pada Pecel Madiun ini lebih lengkap.
Pengolahan DanPenyajian Pecel Madiun
Pecel Madiun ini biasanya terdiri dari aneka sayuran rebus sepertikacang panjang, bunga turi, kecambah,kenikir, bayam, daun singkong, dan daunpepaya. Selain itu juga terdapat bahan lain seperti petai cina, kemangi, dan potongankrai. Bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang yang terbuat darikacang, cabai, gula merah dan jeruk purut. Pecel Madiun ini kemudiandisajikan bersama dengan nasi, peyek dan aneka lauk seperti tempe, tahu,daging empal, telur ceplokatau telur asin sesuai dengan selerakita.
Cita Rasa PecelMadiun
Pecel Madiun ini memiliki cita rasa yang khas, bumbu kacangpada pecel ini tidak terlalu encer serta memiliki rasa manis dan gurih yangsangat pas. Selain itu aroma jeruk purut dari bumbu kacang ini terasa halussehingga membuat bumbu kacangnya terasa sedap.
Tempat Kuliner PecelMadiun
Pecel Madiun ini merupakan salah satu makanan tradisionalyang sangat terkenal di Madiun, Jawa Timur. Di sana makanan satu ini sangatmudah dijumpai karena banyak penjualyang menjajakan makanan ini. Untuk harga satu porsi Pecel Madiun ini relatif murah, tergantung lauk yangdiingingkan. Selain sebagai makanan rakyat, Pecel Madiun ini juga sangatdisukai oleh para wisatawan yang datang ke sana.
Sekian pengenalan tentang “Pecel Madiun Makanan TradisionalDari Madiun, Jawa Timur“. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuananda tentang aneka kuliner tradisional diindonesia.
YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!