Tari Pasambahan Tarian Tradisional dari Sumatera Barat

Setiap daerah di Indonesia memiliki cara tersendiri dalammenyambut kedatangan tamunya. Hal tersebut dapat dipresentasikan melaluiperkataan, seremonial maupun dalam wujud seni. Masyarakat Sumatera Barat, khususnyamasyarakat Minang memiliki cara tersendiri dalam mengungkapkan selamat datangpada tamunya, salah satunya dengan Tari Pasambahan.
Seperti apakah Tari Pasambahan itu? yuk kita simak ulasankami berikut ini.
Apakah TariPasambahan itu?
Tari Pasambahan adalah tarian tradisional yang berasal dari SumateraBarat, khususnya masyarakat Minangkabau. Sesuai dengan namanya, tarianini merupakan tarian selamat datang untuk menyambut tamu kehormatan sebagaiwujud rasa hormat mereka terhadap tamu tersebut. Tari Pasambahan tidak hanya ditunjukanpada tamu penting atau pejabat saja, namun juga diterapkan pada pestapernikahan adat. Terutama dalam menyambut rombongan pengantin pria di rumahpengantin wanita.
Sejarah TariPasambahan
Tari Pasambahan merupakan tarian adat masyarakat Minang dalammenyambut tamu kehormatan yang datang. Sejak dulu tarian ini digunakan untukmenyambut tamu penting seperti tamu kerajaan, tamu kenegaraan, maupun dalampernikahan adat mereka. Tarian pasambahan dilakukan untuk menunjukan hati yangbersih dan niat yang tulus pemilik rumah untuk menyambut para tamunya.
Pertunjukan TariPasambahan
Tari Pasambahan biasanya ditampilkan oleh sekelompok penaripria dan penari wanita. Dalam pertunjukannya, Tari Pasambahan dimulai dengantarian pembuka yang dilakukan oleh para penari pria. Kemudian disusul denganbeberapa penari wanita diantaranya ada yang membawa carano berisi sirih, pinang, sadah dan perlengkapan lainnya sebagaisuguhan kepada tamu. Tari Pasambahan juga diiringi dengan alunan musiktradisional sebagai pengiring tarian dan lagu atau kata-kata sebagai ucapanselamat datang.
Gerakan TariPasambahan
Dalam Tari Pasambahan terdapat beberapa sesi dalampertunjukan menarinya. Pada sesi pertama atau tarian pembuka biasanya dimulaidengan penari pria yang menari dengan gerakan pencak silat khas Minang.Kemudian setelah tarian pembuka para penari wanita bergabung dan kemudianmenari bersama dengan penari pria. Para penari wanita menari dengan gerakanyang anggun dan penari pria menari dengan gerakan pencak silatnya.
Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan sesi pasambahan ataupersembahan. Dalam sesi ini penari wanita yang membawakan perlengkapanpersembahan datang mendatangi tamu diiringi dengan penari wanita lainnya yangmenari dengan gerakan yang lemah gemulai. Setelah itu kemudian dilanjutkandengan tarian penutup. Dalam tarian penutup ini para penari pria dan wanitamenari bersama lagi dengan gerakan seperti tadi hingga selesai.
Pengiring TariPasambahan
Dalam pertunjukan Tari Pasambahan biasanya diiringi olehalunan musik tradisional minang seperti telompongpacik, sarunai, gendang tambui, bansi, dan tassa. Selain itu Tari Pasambahan juga diiringi oleh lagu-lagu dankata-kata sebagai ucapan selamat datang.
Busana TariPasambahan
Busana yang digunakan dalam pertunjukan tari lilin biasanyamerupakan busana adat khas minangkabau dari sumatera barat. Untuk penari wanitabiasanya menggunakan busana adat seperti tengkuluak(hiasan kepala), baju batabue (busanaatas), lambak (busana bawah), salampang, dan beberapa perhiasanseperti dukuah (kalung), galang (gelang), dan cincin. Sedangkan untuk penari priabiasanya menggunakan busana seperti destar(tutup kepala), baju, sarawa(celana), sasampiang, cawek (ikatpinggang), dan sandang.
Perkembangan Tari Pasambahan
Dalam perkembangannya, Tari Pasambahan juga masih seringditampilkan masyarakat Minang dalam berbagai acara penyambutan, terutama dalamacara pernikahan adat dan penyambutan tamu penting. Tarian ini juga mulaiberkembang menjadi tarian pertunjukan dalam berbagai acara budaya seperti acarakesenian tradisional atau festival budaya. Hal ini dilakukan sebagai usaha pelestarian dan memperkenalkan kepadagenerasi muda maupun masyarakat luas akan Tari Pasamabahan ini.
Sekian ulasankami tentang “TariPasambahan Tarian Tradisional dari Sumatera Barat”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuananda tentang kesenian tradisional di Indonesia.
YUK CINTAIDAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA!
Sumber gambar : youtube.com